Kamis, 04 Juni 2015

Hari Lingkungan Hidup Sedunia - 5 Juni 2015


World Environment Day

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day merupakan perayaan lingkungan hidup terakbar di seluruh dunia. Puncak acaranya diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Sejak digelar pertama kali pada tahun 1972, telah menjadi media bagi PBB (melalui UNEP) untuk mengampanyekan akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Menyadarkan semua pihak untuk ikut bertanggung jawab merawat bumi sekaligus menjadi pelopor perubahan dan penyelamat bumi dan lingkungan hidup.
Pada tahun 2015 ini, perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day mengangkat tema “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care“. Tujuh miliar manusia dengan berbagai keinginannya, menghuni satu bumi. Bumi yang menjadi satu-satunya planet yang bisa dihuni oleh manusia. Dengan pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi yang terus berlangsung, membuat ekosistem bumi mendekati titik kritis.
World Environment Day

Angka tujuh pada logo sekaligus diibaratkan sebagai ‘pacman'; tujuh miliar orang, bumi menelan bagian dari dirinya sendiri. Tingginya tingkat konsumsi dan gaya hidup penduduk bumi saat ini telah melampaui kapasitas regeneratif bumi untuk memperbaharui sumber daya alam yang dimilikinya. Dan dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dan pertumbuhan ekonomi, tekanan terhadap bumi di masa mendatang akan semakin berat.
Diperlukan perubahan pola konsumsi dan gaya hidup penduduk bumi untuk menstabilkan tingkat penggunaan sumber daya dan mengurangi dampak lingkungan. Manusia harus lebih sadar akan kelestarian sumber daya alam. Perubahan pola konsumsi dan gaya hidup itu bisa dilakukan semisal dengan semakin efisien dan hemat dalam penggunaan barang dan energi serta mengurangi limbah makanan.
Sumber: alamendah.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar